Monitoring Harga Transaksi Pasar Perdana di Tahun 2022

Minisun BC Banyuwangi

3/15/20221 min read

Harga Transaksi Pasar, sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-198/PMK.01/2020 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau, adalah besaran harga transaksi penjualan yang terjadi pada tingkat konsumen akhir. Sedangkan monitoring Harga Transaksi Pasar adalah kegiatan membandingkan Harga Transaksi Pasar dengan Harga Jual Eceran yang tercantum dalam pita cukai hasil tembakau.

Pada tanggal 09 Maret s.d. 11 Maret 2022, Kantor Bea Cukai Banyuwangi mendatangi tiga kecamatan di Kabupaten Banyuwangi untuk dilakukan Monitoring Harga Transaksi Pasar. Mulai dari Kecamatan Gambiran, Kecamatan Silir Agung, sampai Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Para pegawai yang bertugas mendatangi beberapa toko yang menjual hasil tembakau. Tak hanya melakukan monitoring HTP, pegawai yang bertugas juga memberikan edukasi tentang hal - hal terkait Harga Transaksi Pasar dan ciri – ciri Rokok Ilegal.

Dari beberapa toko yang telah didatangi, tidak ada temuan produk hasil tembakau yang HTP nya melampaui batasan harga jual eceran perbatang/gram atau HTP kurang dari 85% dari harga jual eceran yang tercantum dalam pita cukai. Apabila terdapat temuan, maka pegawai yang melaksanakan tugas monitoring HTP tersebut harus memberitahukan hasil penemuan tersebut kepada pengusaha pabrik hasil tembakau atau importir melalui Kepala Kantor dengan mempertimbangkan data merek dan jumlah kantor yang melaporkan.

Monitoring Harga Transaksi Pasar ini dilakukan dengan tujuan agar dapat menciptakan persaingan yang sehat antar pedagang yang menjual produk hasil tembakau juga sekaligus menjaga kestabilan harga produk hasil tembakau yang dijual di masyarakat.

#monitoring #hargatransaksipasar #bcbanyuwangi #beacukaimakinbaik #isunbanyuwangi #beacukairi