Asistensi dan Pembinaan UMKM yang Berorientasi Ekspor

Minisun BC Banyuwangi

8/31/2022 2 min read

Hai SobatIsun!

Tahukah SobatIsun bahwa saat ini Bea Cukai bersama Pemerintah Daerah sedang menggalakkan kegiatan ekspor bagi para pelaku UMKM, salah satu tujuannya adalah untuk membantu Pemulihan Ekonomi Nasional.

Kali ini, Tim dari Kantor Bea Cukai Banyuwangi mengunjungi para pelaku UMKM untuk melakukan asistensi dan pembinaan dalam rangka mendukung eskpor. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 30 – 31 Agustus 2022.

Pada hari pertama, Tim yang terdiri dari Leo Tunggul, Lala Evania, dan Felian Biran mengunjungi show room Batik Pendawi yang berada di Kecamatan Genteng. Pendawi Batik merupakan produsen batik tulis, batik cap, dan batik printing yang berdiri sejak tahun 2017. Produk batik yang dihasilkan berupa kain, pakaian jadi, dan home decoration. Pendawi Batik sendiri belum pernah melakukan ekspor sebelumnya. Ibu Devi Herawati, pemilik Pendawi Batik menyambut baik dan antusias selama asistensi dan pembinaan berlangsung. Beberapa pertanyaan yang diajukan yaitu seputar dokumen – dokumen yang diperlukan serta prosedur ekspor. Namun untuk saat ini karena banyaknya order grosir dan persiapan kegiatan Banyuwangi Batik Festival 2022, kegiatan perencanaan ekspor masih tertunda.

Selanjutnya, di hari kedua, Tim berkunjung ke Kecamatan Kalibaru untuk menemui Pak Usep, pemilik UMKM Za Bijoux. Za Bijoux merupakan produsen kerajinan tangan berupa gelang tangan, gelang kaki, cincin, alat – alat makan, dsb. Za Bijoux telah melakukan kegiatan ekspor sebelumnya, tujuan ekspornya yaitu ke negara Prancis, Inggris, dan Polandia. Namun sayangnya, ekspor tersebut belum dilakukan langsung melalui Banyuwangi. Tak hanya ekspor, Za Bijoux juga kerap melakukan impor dari China dan Filipina. Untuk kedepannya, tim akan membantu menindaklanjuti dan mengawasi secara berkala proses perencanaan ekspor Za Bijoux agar dapat dilakukan langsung dari Banyuwangi.

Dengan adanya kegiatan asistensi dan pembinaan ini, harapannya, para pelaku UMKM khususnya di wilayah Banyuwangi dapat terus mendukung kegiatan ekspor langsung dari Banyuwangi. Tujuannya tak hanya sebatas membantu Pemulihan Ekonomi Nasional, namun juga mengenalkan berbagai barang dan makanan produksi asli Banyuwangi ke mata dunia. Ayo ekspor, karena ekspor itu mudah!