Mangrove Save Our Earth

Minisun BC Banyuwangi

7/26/2022 0 min read

Dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia tahun 2022, pada hari Selasa (26/07) TNI Angkatan Laut bersama masyarakat mengadakan acara penanaman mangrove serentak di 77 titik di Indonesia dan sebanyak 1.000.377 bibit mangrove ditanamkan secara serentak.

Kegiatan penanaman mangrove di Banyuwangi dilaksanakan di Pantai Cemara. Tedy Himawan-

Kepala Kantor Bea Cukai Banyuwangi turut hadir dalam kegiatan ini sebagai perwakilan Kantor Bea Cukai Banyuwangi dalam menanam mangrove. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini yaitu Kepala Cabang Dinas Kehutanan Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kepala KSOP, Kapolsek KP3, Kepala Imigrasi Kab. Banyuwangi, Manager Pertamina Tanjung Wangi dan beberapa perwakilan dari siswa/i serta mahasiswa/i di wilayah Kabupaten Banyuwangi.

Manfaat penanaman mangrove di pesisir pantai selain melindungi dari erosi dan abrasi, juga dapat menyerap semua jenis logam berbahaya sehingga dapat menjernihkan air dan membuat kualitas air lebih bersih. Selain itu, mangrove juga membantu alam dalam menyerap karbon dioksida dan menghasilkan udara yang lebih bersih dan tentunya masih banyak lagi manfaat dari penanaman mangrove ini.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, mengapresiasi adanya kegiatan penanaman mangrove ini. “Terima kasih kepada TNI AL yang komitmen dalam penanaman bibit mangrove serentak di 77 titik di seluruh Indonesia” Ujarnya.

Harapannya, kegiatan penanaman mangrove ini dapat terus dilakukan secara rutin, tak hanya menunggu Hari Mangrove Sedunia, karena dengan dilakukannya penanaman mangrove sama dengan menjaga bumi agar tetap hijau, serta dapat memberikan banyak manfaat, baik bagi biota laut maupun masyarakat yang hidup di daerah pesisir. Let’s save our earth!

#penanamanmangrove #harimangrovesedunia #bcbanyuwangi #banyuwangi #beacukairi #beacukaimakinbaik

Tahukah SobatIsun, bahwa tanggal 26 Juli merupakan peringatan Hari Mangrove Sedunia? Peringatan tersebut diadopsi menjadi Hari Internasional oleh Konferensi Umum Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB.