Peringkat Pertama Penindakan MMEA

Minisun BC Banyuwangi

8/5/2022 0 min read

Hai SobatIsun, kali ini Minisun mau berbagi kabar membanggakan yang datang dari Bagian Pengawasan Bea Cukai Banyuwangi.

Selama Semester I Tahun 2022, Bea Cukai Banyuwangi berhasil melakukan penindakan mencapai 59 Surat Bukti Penindakan (SBP) dengan potensi penerimaan negara yang berhasil diamankan senilai Rp1.013.118.280,00.

Penindakan oleh Bea Cukai Banyuwangi berupa barang kena cukai illegal (hasil tembakau dan minuman mengandung etil alkohol) tanpa dilekati pita cukai serta psikotropika berupa trihexphenidyl dan narkotika berupa metamphetamine, dengan rincian hasil penindakan sebagai berikut:

  1. 461.108 batang rokok tanpa pita cukai

  2. 9.099,34 liter MMEA tanpa pita cukai

  3. 2.000 butir trihexphenidyl

  4. 0,5 gram metamphetamine

Capaian ini telah melampaui capaian semester I tahun 2021 dengan total penindakan berupa rokok tanpa pita cukai sebanyak 285.856 batang.

Dilihat dari perkembangan tahun-tahun sebelumnya, penindakan tahun ini berhasil ditindaklanjuti ke proses penyidikan dengan total 8 penyidikan. Saat ini, atas 8 penyidikan tersebut telah berstatus berkas perkara telah dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Negeri (P21).

Penindakan dan Penyidikan yang berhasil dilakukan Bea Cukai Banyuwangi tidak lepas dari kerja sama antar instansi yaitu Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Lembaga Pemasyarakatan, Polresta Banyuwangi, Polsek Kawasan Pelabuhan Tanjung Wangi, Polsek Gambiran, Polsek Wongsorejo dan Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur II.

Kerja keras dan kerja cerdas yang dilakukan pegawai Bea Cukai Banyuwangi patut diacungi jempol karena pada semester I tahun 2022, Bea Cukai Banyuwangi berhasil menduduki peringkat pertama kategori kantor penindakan pada operasi gempur, dengan total penindakan MMEA Illegal sebanyak 9.099,34 liter.

Capaian pengawasan Bea Cukai Banyuwangi tidak berhenti sampai disini saja, prestasi yang diperoleh saat ini akan menjadi motivasi dalam meningkatkan capaian di periode selanjutnya.

Dengan adanya prestasi yang membanggakan, pegawai Bea Cukai Banyuwangi diharapkan tidak berpuas diri, tetapi lebih menantang diri untuk senantiasa mengembangkan potensi dan pastinya membawa nama baik Bea Cukai Banyuwangi sesuai slogan kebanggaan Direktorat Jenderal Bea Cukai yaitu Bea Cukai Makin Baik-Mengawasi dan Melayani!!!