Kunjungan Kuliah Lapangan AKABA

Minisun BC Banyuwanyi

7/1/2022 1 min read

Hai, SobatIsun!

Kali ini, Kantor Bea Cukai Banyuwangi kedatangan para mahasiswa dari Akademi Kelautan Banyuwangi atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan AKABA, nih.

Pada hari Rabu (29/06), para mahasiswa AKABA berkunjung ke Kantor Bea Cukai Banyuwangi untuk melakukan kunjungan kuliah lapangan sebagai bentuk implementasi mata kuliah Kepabenan dan Ekspor Impor yang telah mereka pelajari selama di bangku kuliah, sekaligus menambah pengetahuan dan wawasan sebelum para mahasiswa terjun langsung ke dunia kerja.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Geri Damayanto selaku Ketua Program Studi Manajemen Logistik. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh dua narasumber dari Kantor Bea Cukai Banyuwangi, yaitu Sukarno dan Agus Purwanto, PBC Pertama Penelitian Dokumen Kepabeanan dan Cukai, terkait Kepabeanan dan Cukai, mulai dari ekspor impor sampai dengan pengawasan.

Setelah pemaparan materi selesai dilaksanakan, para mahasiswa diajak untuk berkeliling ke beberapa ruangan di Kantor Bea Cukai Banyuwangi, seperti front office yang digunakan untuk melakukan pelayanan kepada pengguna jasa dan gudang penyimpanan barang tegahan.

Para mahasiswa AKABA sangat antusias dalam mengikuti segala rangkaian acara, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para mahasiswa. Setelah dilakukan diskusi tanya jawab, acara kemudian ditutup dengan pemberian cindera mata dari pihak AKABA dan pemberian plakat oleh Kantor Bea Cukai Banyuwangi.