Asistensi Ekpsor, Gali Potensi Sampai ke Hulu

Minisun BC Banyuwangi

5/30/20222 min read

Perusahaan Pendawi Batik ini belum pernah melakukan ekspor sebelumnya, baik ekspor secara langsung maupun menggunakan pihak ketiga. Walaupun belum pernah melakukan ekspor sebelumnya, kualitas hasil produksinya sudah mampu bersaing di dunia internasional. Terbukti dengan ditampilkan dalam kegiatan fashion show saat acara pembukaan WSL G-Land Pro 2022.

Berlanjut, Bea Cukai Banyuwangi mengunjungi perusahaan yang bergerak di bidang kerajinan tangan berbahan dasar bambu. PT. Arum Jaya Perdana, perusahaan yang berdiri sejak tahun 2018 ini, beralamatan di Kecamatan Glenmore. Perusahaan ini memproduksi kerajinan tangan berupa sedotan dan dekorasi rumah berbahan dasar bambu.

Berbeda dengan Pendawi Batik, PT Arum Jaya Perdana sudah pernah melakukan ekspor melalui pihak kegita berupa dekorasi rumah yaitu Printing Bamboo yang di ekspor ke negara-negara eropa. Selian itu perusahaan ini telah meraih berbagai penghargaan diantaranya:

1. Juara 1 UMKM BRI Kategori Business Matching Brilianpreneur 2020.

2. Mitra UMKM Expo(rt) Brillianpreneur 2021

Dengan asistensi yang dilakukan kepada PT. Arum Jaya Pedana didapatkan bahwa perusahaan tersebut telah memahami terkait dengan proses perdagangan internasional dan ekspor. Perusahaan ini berniat akan mendaftarkan diri sebagai eksportir agar bisa melakukan ekspor sendiri dan secara langsung.

Bea Cukai Banyuwangi berusaha membantu usaha-usaha yang memiliki peluang ekspor. Dengan dilakukannya kegiatan asistensi ini diharapkan para pengusaha mengerti alur dan proses ekpor untuk mengembangkan penjualannya ke pasar internasional.

#batik #kerajinan #ekspor #isunbanyuwangi #bcbanyuwangi #beacukairi #beacukaimakinbaik

Banyuwangi – Indonesia terkenal dengan keunikan seni dan budaya. Hasil kaya seni Indonesia sangat laris diborong oleh wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu karya yang mendunia adalah seni kerajinan batik dan kerajinan tangan lainnya. Batik merupakan kain khas Indonesia dengan berbagai motif mengikuti budaya dari daerah masing-masing.

Pada Senin (30/05), Bea Cukai Banyuwangi berkesempatan untuk berkunjung ke salah satu produsen batik di Kabupaten Banyuwangi. Pendawi Batik merupakan produsen batik tulis, batik cap, dan batik printing, yang telah berdiri sejak tahun 2017. Berlokasi di Kecamatan Gambiran, perusahaan yang masih berstatus Usaha Dagang (UD) ini, telah menjajahkan hasil produksinya di berbagai show room dan hotel di Banyuwangi.